Sunday, July 1, 2007

Mencari SIM Oz

Oleh VeriS'92

Begini mungkin bisa saya tambahkan sedikit...
SIM Indo cuman bisa dipakai 3 bulan pertama saja oleh PR. Tapi SIM Indo ini jelas sangat membantu sekali karena tanpa SIM Indo maka kita harus melewati beberapa tahap. Tahapannya sebagai berikut:
  1. Ujian Tertulis pakai computer.
    Lulus dari ujian ini dapat Plat L, tapi enggak boleh nyetir sendiri dan harus didampingi Full License selama 80 jam. Tapi sejak bulan 1 July 2007 ditambahkan menjadi 120 jam dan musti ngisi Log Book.
  2. Setelah melewati 120 jam dengan Plat L maka kita bisa mengajukan driving test untuk dapat Plat P1 (P Red). Dengan Plat P1 ini maka kita bisa driving sendiri, cuman demerit point yang kita punya hanya 4 point. Demerit Point ini bakal berkurang kalo kita melakukan pelanggaran. Misalnya speeding bisa kena 3 point pengurangan. Kalau lagi long weekend seperti sekarang ini biasanya diberlakukan double demerit point yang berarti kalau sampai ketahuan speeding (baik ketangkap basah atau lewat speed camera) maka akan berkurang 6 point. ini berarti kalau P1 licensenya langsung hilang karena demerit pointnya minus 2.
  3. Kalau sudah 12 bulan pake P1 maka boleh ikutan test komputer untuk bisa dapat P2 (P Hijau). Ini demerit pointnya naik jadi 7.
  4. Setelah 18 bulan pake P2 baru boleh ambil ujian komputer lagi untuk dapat Full License dengan demerit point 12 yang akan direset tiap 3 tahun sekali.
Kalau SIM Indo teman2 ini umurnya diatas 3 tahun maka bisa melakukan langkah berikut:
  1. Terjemahin SIM Indo sesuai aturan RTA (Ini kalau di NSW, VicRoads di VIC.). Jangan asal pake sembarang penerjemah karena meskipun yang bersangkutan punya NAATI (Certificate untuk penterjemah) bukan berarti bisa pakai.
  2. Ikut ujian tertulis (pake computer) dan waktu daftar tunjukin sekalian SIM Indo beserta terjemahannya.
  3. Kalau lulus ujian komputer jangan mau dikasih plat L tapi langsung minta di schedulin kapan mau ambil driving test. Kalau driving test bisa lulus maka bisa langsung dapat Full License.
Note:
  • Kalau SIM Indo teman2 umurnya dibawah 3 tahun tapi diatas 1 tahun maka lakukan 3 langkah diatas tapi yang bisa didapat adalah P2. Jadi bisa skip satu level (tidak perlu lewat P merah dulu).
  • Kalau SIM Indo teman2 umurnya dibawah 1 tahun maka percumah diterjemahin dan lakukan 4 langkah diatas.
  • Kalau barusan lakukan perpanjangan SIM maka usahakan simpen itu SIM Indo yang lama untuk membuktikan bahwa kita experience lebih dari 3 tahun maka dengan demikian bisa skip langsung Full License tanpa perlu lewat P Plate lagi.
Untuk lebih lanjut bisa lihat di http://www.rta.nsw.gov.au/licensing/index.html (Ini untuk NSW).

Semoga membantu ringkesannya...

Regards,
VS

Update 16/6/2011
Driving test criteria (Victoria)
http://www.vicroads.vic.gov.au/Home/Licences/Handbooks/DrivingInstructorsDriveTestCriteria.htm

1 comment:

ERPRANO said...

Salam kenal,

Saya Erlangga, sy ada niat ingin bekerja di oz. Alhamdulillah sy ud di contact sm perusahaan disana. tp sy blm tau prosesnya nanti untuk berangkat kesana (klo jadi) orang sana baru 2x nelpon seeh..
yag pasti sy mo minta bantuan sodare2 yg ada disana. berape sih pengeluaran tetap perbulan disana untuk 1 keluarga dg 2 anak saat ini. soalnya mrk blg 2 minggu lg mo telp. lagi. takutnya ud ngomongin mslah upah. sedangkan saya blom tau standardnya hidup layak disono. mohon bantuannya ya...
Thank's

Wassalam,

Erlangga Prajitno